Cerita Anak Pendidikan Moral : Kendi Yang Retak

Kendi Yang Retak

Pada jaman dahulu, di sebuah desa tinggalah seorang nenek yang mempunyai dua buah kendi besar. Kedua kendi itu ia pikul dan ia gunakan untuk mengambil air dari sungai setiap hari. Salah satu kendi itu sudah retak, sedangkan yang satunya masih utuh, dan selalu dapat membawa air dengan baik. Sedangkan kendi yang sudah retak, selalu menyisakan separuh air saja saat dia tiba di rumah.

Setiap harinya si nenek mengambil air dengan menggunakan kedua kendinya. Ketika sampai di rumah si nenek hanya mendapatkan air sebanyak satu setengah kendi saja. Kendi yang utuh sangat bangga dengan dirinya, karena air yang dibawanya selalu utuh. Sedangkan kendi yang retak merasa malu dan sedih, karena hanya bisa membawa air separuh dari kemampuan sesungguhnya.

Pada suatu ketika, kendi yang retak berkata kepada si nenek.

"Nek, aku malu dan sedih, karena retak di tubuhku ini aku hanya bisa menampung sedikit air saja setiap hari. Aku juga khawatir nenek akan menggantiku dengan kendi yang baru."

Mendengar keluh kesah kendinya yang retak, si nenek tersenyum dan berkata kepada kendi yang retak dengan lembut.

"Tenang saja, aku tidak akan menggantimu dengan kendi yang baru dan mencampakkan kamu begitu saja. Justru aku bangga denganmu. Coba kamu lihat, di sepanjang jalan dari rumah menuju sungai, ada banyak bunga-bunga indah yang tumbuh di sisi yang kamu lalui. Itu karena aku sudah lama tahu tentang keretakan di tubuhmu itu. Aku sengaja menanam biji-biji bunga di sepanjang jalan yang kita lalui, karena itu lah selama ini aku dapat memetik bunga-bunganya yang indah untuk hiasan di rumah. Jika tidak ada kamu, bunga-bunga yang indah ini tidak akan bisa tumbuh karena kurang air,” begitu ujar si nenek sambil meletakkan kendi yang retak di dapur.

Pelajaran yang bisa diambil dari cerita ini: 
1. Semua orang pasti mempunyai kekurangan. Janganlah berkecil hati dan meratapi kekurangan tersebut, karena dibalik kekurangan pasti ada kelebihannya.
2. Kekurangan menjadikan hidup kita lebih berwarna, maka dari itu selalu syukuri apa yang ada.

No comments for "Cerita Anak Pendidikan Moral : Kendi Yang Retak"